header niko 728 x 90

Industri Kerajinan Furniture Rembang

Kabupaten Rembang memiliki berbagai jenis potensi industri kecil dan kerajinan yang sangat unik dan menarik untuk dapat dikembangkan. Sehingga dapat dijadikan obyek yang dapat menarik investor untuk dapat masuk di Kabupaten Rembang. Beberapa sektor berpotensi tersebut antara lain garam rakyat, pengolahan ikan, mebel antik, batik, bordir, kuningan, kerajinan kerang, terasi, genteng, industri pembuatan tas dan dompet, sabuk dan lain-lain

Sebagai wilayah yang memiliki kawasan hutan jati yang luas, membuka peluang lebar terhadap jenis industri ini. Secara keseluruhan, terdapat ± 428 pengrajin (besar-kecil) pengusaha mebel jati dan mebel antiq yang tersebar di Rembang, antara lain Kec. Rembang, Kaliori, Sumber, Lasem, dan Pamotan. Industri mebel antikan ini menyerap tenaga kerja ± 3.404 orang dengan kapasitas produksi ± 71,407 stel/bulan. Diperkirakan, total aset yang berputar dalam industri ini telah mencapai berkisar 2,5 milyard lebih perbulan. Pasar dari mebel Rembang telah menembus ekspor (Asia dan Eropa), disamping pasar domestik seperti Jakarta, Bali dan Yogyakarta.

Disamping mebel antik yang merupakan kebanggaan produksi dari Kabupaten Rembang, juga terdapat usaha mebel kebun/garden furniture yang merupakansentra industri yang mampu menyerap tenaga kerja cukup banyak, serta mampu melakukan eksport ke luar negeri, dengan tujuan negara-negara di Asia, Eropa, dan Belgia. Sedangkan sentra garden furniture terdapat di Desa Gunungsari dan Mojowarno, Kecamatan Kaliori.

Kerajinan ukir kayu terdapat di beberapa kecamatan di Kabupaten Rembang, antara lain Kecamatan Rembang, Kaliori, dan Lasem. Jumlah unit usaha sebanyak 16 Pengrajin. Dari 16 pengrajin ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 340 orang, kapasitas produksi sebanyak 340 buah perbulan. Hasil produksi dipasarkan di pasar lokal, regional, nasional, dan eksport.

Gembol kayu jati merupakan akar (gembol) sisa hasil penebangan. Gembol ini ternyata dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan baku kerajinan yang sangat unik. Bentuk dari obyek disesuaikan dengan bentuk dari gembol itu sendiri. Terkadang dapat dipahat menjadi patung naga, kadang dapat dibentuk menjadi meja yang unik, dan bentuk-bentuk lainnya. Sentra kerajinan gembol jati terdapat di Kecamatan Rembang, Kaliori, Sulang,Bulu, dan Sale. Jumlah unit usaha sebanyak 15 pengrajin dengan kapasitas produksi sebanyak ± 52 buah perbulan. Industri ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak ±72 orang. Hasil produksi dipasarkan di pasar lokal,regional, dan nasional.

Kerajinan kayu ternyata sangat beraneka ragam bentuk dan gaya. Mebel gaya primitif cukup banyak menembus pasar internasional. Kerajinan ini terdapat di Kec. Pamotan, Sale, Lasem, Rembang, dan Kaliori. Kapasitas produksi ± 81.517 stel/bulan dan menyerap tenaga kerja sebanyak 3.904 orang. Hasil produksi dipasarkan di pasar lokal, regional, nasional, dan nternasional.

Glugu merupakan kayu dari pohon kelapa. Kayu ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian warga sebagai bahan untuk atap rumah. Disamping itu dapat pula dibuat menjadi kerajinan dengan menggunakan mesin bubut.Kerajinan ini menghasilkan beberapa bentuk barang kebutuhan rumah tangga, seperti baskom, layah, dan lain-lain. Lokasi pengrajin bubut glugu saat ini baru terdapat di desa Sendangcoyo Kecamapatan Lasem, sebanyak 10 pengrajin. Kapasitas produksi ± sebanyak 1.500 buah/bulan, serta mampu menyerap tenaga kerja sebanyak ± 50 orang. Hasil produksi telah dipasarkan secara lokal, regional, dan nasional.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Industri Kerajinan Furniture Rembang"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.